DiDunia.ORG

9 Negara Terkecil Di Dunia Tahun 2015

Bumi kita yang sangat luas ini telah terbagi menjadi 200 negara. Dengan kenyataan itu, kita tentu berpikir jika setiap negara memiliki wilayah yang sangat luas. Namun kenyataan ternyata berkata lain. Ada negara yang memiliki wilayah yang sangat luas dan ada pula negara yang wilayahnya sangat sempit. Berikut ini, didunia.org telah menyusun daftar 9 negara terkecil di dunia, bukan hanya dari luas wilayahnya tapi juga dari jumlah penduduknya. Silakan disimak!

Negara Terkecil di Dunia

negara terkecil di dunia

9. Malta - 316 km²

Malta adalah negara kepulauan yang terletak di Laut Mediterania. Tiga pulau utama yang membentuk Republik Malta adalah Pulau Gozo, Pulau Comino, dan yang terbesar Pulau Malta. Negara kecil ini memiliki populasi lebih dari 450.000 penduduk dengan luas wilayah hanya sekitar 316 km², membuatnya menjadi salah satu negara yang paling padat di dunia. Namun, meski padat dan kecil, destinasi wisata Malta bisa dikata sangat menakjubkan. Jutaan turis dari seluruh dunia datang ke Malta. Pantai yang bersih, peninggalan sejarah yang menarik, dan kehidupan malam yang masih hidup adalah beberapa daya tarik dari negara terkecil di dunia yang satu ini.

negara terkecil di dunia

8. Maladewa - 300 km²

Maladewa adalah negara terkecil di Asia dalam hal luas dan populasi. Letaknya yang berada di Samudra Hindia membuat ia memiliki lebih dari 1.192 pulau karang dengan luas total sekitar 300 km2. Kenyataan ini membuatnya dianggap sebagai salah satu negara yang paling tersebar di dunia. Negara ini pernah menjadi jajahan banyak kerajaan seperti Portugis, Belanda, dan Inggris, sebelum akhirnya merdeka pada tahun 1965. Dewasa ini, Maladewa sangat terkenal karena pariwisatanya. Pasir pantai yang terkenal putih dengan air biru kristal adalah destinasi tawarannya.

negara terkecil di dunia

7. Saint Kitts dan Nevis - 261 km²

Saint Kitts dan Nevis adalah negara yang hanya terdiri dari 2 pulau kecil di Laut Karibia. Ekonominya bergantung pada sektor pariwisata, pertanian, dan industri manufaktur kecil. Destinasi wisata yang ditawarkan oleh negara terkecil di dunia ini adalah diving atau menyelam. Kehidupan laut yang masih asri adalah alasan ribuan turis mancanegara datang ke sini.

negara terkecil di dunia

6. Liechtenstein - 160 km²

Sebuah negara berbahasa Jerman, ini Liechtenstein adalah satu-satunya negara di dunia yang sepenuhnya berada di Pegunungan Alpen. Terletak antara Swiss dan Austria, Liechtenstein adalah negara terkaya di dunia dengan PDB per kapita terbesar dengan tingkat pengangguran terendah (1,5%). Untuk masuk ke negara ini, Anda akan sedikit kesulitan. Ia tak memiliki bandara, sehingga untuk mencapainya Anda harus melalui Swiss Zurich.

negara terkecil di dunia

5. San Marino - 61 km²

Dikelilingi sepenuhnya oleh Italia, San Marino juga dikenal sebagai Republik Serene. Meski memiliki wilayah hanya seluas 61 km², negara ini dianggap sebagai negara berdaulat tertua di dunia. Ia juga merupakan salah satu negara terkaya di dunia dalam hal PDB per kapita dengan tingkat pengangguran yang sangat rendah.

negara terkecil di dunia

4. Tuvalu - 26 km²

Sebelumnya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, Tuvalu adalah satu negara yang terletak di Samudra Pasifik, tepat di sebelah barat Australia. Negara ini memiliki penduduk sekitar 10.000 jiwa, jalan sepanjang 8 km, dan hanya 1 rumah sakit yang terletak di pulau utama. Negara ini pernah menjadi wilayah jajahan Inggris tapi kemudian merdeka pada tahun 1978.

negara terkecil di dunia

3. Nauru - 21 km²

Sebuah negara pulau yang terletak sebelah timur dari Australia, Nauru adalah negara pulau terkecil di dunia. Negara terkecil di dunia yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Pleasant Island ini, juga dikenal sebagai negara dengan orang-orang yang paling gemuk di dunia. 97% laki-laki dan 93% perempuan dari total penduduk negara ini mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

negara terkecil di dunia

2. Monako - 2 km²

Terletak di Riviera Perancis, Monako adalah rumah bagi jutawan dan miliarder dunia. Dikenal denga industi barang dan jasa mewah dan perjudian, Monako adalah destinasi wisata orang kaya dan terkenal dari mancanegara. Berbatasan dengan Perancis membuat negara ini bahasa Perancis sebagai bahasa sehari-hari. Dengan populasi lebih dari 36.000 dan luas wilayah sekitar 21 km², Monako adalah negara terpadat di dunia.

negara terkecil di dunia

1. Vatican - 0,44 km²

Negara terkecil di dunia adalah Vatikan. Vatikan adalah rumah bagi gereja terbesar di dunia - Basilika Santo Petrus. Memiliki sebuah museum beberapa karya seni peninggalan Renaissance seperti The Pieta dan Penciptaan Adam. Pendapatan negara ini berasal dari sumbangan sukarela dari 1 milyar anggota Gereja Katolik Roma di seluruh dunia.

Nah, itulah 9 negara terkecil di dunia yang saat ini ada. Tertarik untuk berkunjung ke salah satu di antaranya? Semoga bermanfaat.

0 Response to "9 Negara Terkecil Di Dunia Tahun 2015"